Sekolah Model Ini Pernah Mati Suri hampir 1 Abad di Indonesia

Kuttab adalah Sistem Pendidikan yang sudah ada sejak jaman Nabi Muhammad saw dan masih bertahan hingga sekarang. Inilah metode pembelajaran yang paling tahan terhadap jaman.

Indonesia sebagai negara yang dihuni oleh mayoritas beragama Islam tidak lepas dari sejarah panjang perkembangan Islam di Dunia. Di Indonesia, pernah ada nama Kerajaan Samudra Pasai, Kerajaan Demak, Kerajaan Cirebon, Kerajaan Mataram Islam, dan kerajaan-kerajaan lainnya. 

Dalam salah satu literatur disebutkan bahwa Khalifah Muawiyah bahkan pernah berkunjung ke Indonesia. Itu artinya terjadi sebelum tahun 1000 masehi. Dan di Kekhalifahan terakhir Turki Utsmani, ada hubungan erat antara kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dengan Turki Utsmani. Salah satunya adalah dalam pengelolaan sistem pendidikan yang bernama Kuttab.

Namanya terdengar aneh bukan? Wajar saja karena jejak Kuttab di Indonesia yang terakhir pernah ada sebelum kemerdekaan RI ada di Kesultanan Siak, Riau. Salah satunya didirikan pada tahun 1921 saat Belanda gencar-gencarnya membuat HIS namun lama-kelamaan kehilangan murid karena dinilai ajarannya bertolak belakang dengan adat yang kental dengan nuansa Islam. Khususnya masalah akhlaq atau adab yang banyak rusak karena dipengaruhi orang Belanda.Tahun 1952 pernah didirikan pula Kuttab HubbulWathan di Rimba Melintang, juga di Riau. 

Hari ini, dengan semakin banyaknya dinamika hasil pendidikan yang katanya menggunakan sistem pendidikan modern ternyata tidak sedikit permasalahan yang kita jumpai hari ini, bukan? Azyumardi Azra ternyata pernah menyinggung pendidikan ala Kuttab dan menyebutnya dengan pendidikan indigeneous.

Kuttab di Indonesia

Hingga saat ini, di Indonesia sudah berdiri banyak kuttab di beberapa Kota. Salah satu hal utama pendirian kembali lembaga Kuttab ini adalah ‘gagal’nya sistem pendidikan yang ada dalam menanamkan iman dan akhlaq sejak dini. 

Lihat saja, beberapa waktu lalu diberitakan ada pelaku kriminal yang ternyata ‘pernah’ hafal alquran 30 juz. Itu artinya hafalnya semua ayat AlQuran tidak disertai dengan iman yang kuat hingga berbuat kriminal. Sikap anak yang tidak hormat kepada orang tua atau guru, sedikit banyak merupakan sedimentasi hasil sistem pendidikan yang dijalani saat ini. Bagaiamana mungkin mengajarkan iman dan akhlaq jika pelajaran agama hanya 2 jam seminggu bahkan ada politisi yang mengusulkan untuk menghapusnya.

Kurikulum Kuttab tidak sekompleks kurikulum kebanyak sekolah yang ada saat ini. Secara global, Kuttab hanya mengajarkan dua hal, yakni Iman dan AlQuran. Hal ini tentu sudah bisa mengurangi beban anak, baik jumlah buku yang dibawa ke sekolah atau PR yang harus dikerjakan.
Meski dibilang tradisional oleh Azyumardi Azra, Kuttab terbukti telah berhasil melahirkan generasi Rabbani kelas dunia dan akhirat  . Karya-karyanya legendaris dan bermanfaat untuk umat. 

Inilah Beberapa Kuttab yang telah beroperasi saat ini:

  1. Kuttab AlFatih, berpusat di Depok dan memiliki 18 Cabang. Berdiri sejak 2012. Web: www.kuttabalfatih.com. Baca Juga: Cabang Kuttab AlFatih. 
  2. Kuttab AsSakinah, di Riau. Berdiri sejak 2014. Web: www.kuttabassakinah.com
  3. Kuttab Isy Karima, di Karanganyar. Berdiri sejak 2014. Web: www.kuttabisykarima.wordpress.com
  4. Kuttab Imam Malik, di Makassar.


Anak yang belajar di Kuttab umurnya antara 5 hingga 12 tahun. Mengenai hafalan AlQuran, memang menjadi salah satu tujuan utamanya namun bukan harga mati harus hafal selama menjalani pendidikan di Kuttab. Idealnya memang demikian. Bisa kita lihat banyak ulama hebat baik hari ini atau masa lalu, rata-rata mereka sudah hafal AlQuran sebelum baligh. Siapa saja mereka? Tunggu seri tulisan berikutnya.

Kuttab AlFatih menargetkan lulusannya hafal minimal 7 juz dan diharapkan bisa berlanjut di Madrasah ALFatih. Dengan semakin banyaknya Kuttab di Indonesia, semoga Indonesia kembali menjadi negara yang kuat, berdaulat, dan ditopang oleh umat Islamnya yang rahmatan lil ‘alamin

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

8 negara yang menolak palestina merdeka aab aleppo anak jalanan bahaya mie instan bagi kesehatan bahaya mie instan untuk anak berita dunia berita penyelundupan narkoba berita tarif listrik naik bosnia buah dan sayur cara menaikkan limit kartu kredit bni cara penyelundupan narkoba dian astro masuk islam dian sastro menikah dian sastro mualaf entrepreneur fatin shidqia lubis film dreams hosting AGC investasi istri ngomel jack ma quotes kalender hijriah kartu kredit bni keluarga kesehatan kisah inspiratif pemuda islam kisah para mualaf mancanegara kongres internasional turki kurikulum kuttab kuttab alfatih modus penyelundupan narkoba terbaru mom & kids award mualaf mualaf jepang yakuza nasional nur arisa maryam obat alami gagal ginjal tanpa cuci darah obat herbal gagal ginjal kronis pangerang hosting pasukan perdamaian pemuda imam masjid qatar pemuda islam zaman sekarang pendidikan kuttab peristiwa perjanjian diplomatik vatikan dan palestina promo kartu kredit rukyah dan hisab saham selingkuh siapa jack ma sim c motor sim c1 dan c2 sim motor online soeharto sopir taksi stefan william suriah tarif listrik 2016 tarif listrik naik lagi trending usus dipotong akibat kebanyakan mie instan vatikan akui negara palestina
false
ltr
item
KisahJos.com: Sekolah Model Ini Pernah Mati Suri hampir 1 Abad di Indonesia
Sekolah Model Ini Pernah Mati Suri hampir 1 Abad di Indonesia
Kuttab adalah Sistem Pendidikan yang sudah ada sejak jaman Nabi Muhammad saw dan masih bertahan hingga sekarang. Inilah metode pembelajaran yang paling tahan terhadap jaman.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9YAolG_ePfiy-W5ep0l-S9OJZGFLyxYyfEloioD0iM2U3Q9R0YQdtTYdxMSBK4SlDcyBB1xkesa7AE3p3FjO1rEjE3km9Q7RcxNxQJBMmcBBHF1cSH7uYJk1nqh2nll6ejaguhpGQa5-D/s1600/ilustrasi+kuttab.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9YAolG_ePfiy-W5ep0l-S9OJZGFLyxYyfEloioD0iM2U3Q9R0YQdtTYdxMSBK4SlDcyBB1xkesa7AE3p3FjO1rEjE3km9Q7RcxNxQJBMmcBBHF1cSH7uYJk1nqh2nll6ejaguhpGQa5-D/s72-c/ilustrasi+kuttab.jpg
KisahJos.com
http://kisahjos.blogspot.com/2016/01/sekolah-model-ini-pernah-mati-suri.html
http://kisahjos.blogspot.com/
http://kisahjos.blogspot.com/
http://kisahjos.blogspot.com/2016/01/sekolah-model-ini-pernah-mati-suri.html
true
3598517019751311658
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy