Penggunaan Satu Kalender Hijriah Internasional, Mungkinkah?

Satu Kalender Hijriah yang Berlaku Untuk Seluruh Dunia Hasil Kongres Internasional di Turki Sadarkah umat Islam bahwa selama bertahun-tah...

Satu Kalender Hijriah yang Berlaku Untuk Seluruh Dunia Hasil Kongres Internasional di Turki

Sadarkah umat Islam bahwa selama bertahun-tahun selalu menjadi tontonan dan bahasan umat lain khususnya tentang kalender yang tidak pernah sepakat? Terlebih saat penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha. Secara umum setidaknya ada tiga aliran dalam menentukannya. Pertama, menggunakan rukyah lokal. Kedua, mengikut Arab. Dan ketiga, menggunakan qiyas ke daerah terdekat. Sehingga tidak aneh jika masyarakat di sebuah negara ada yang merayakan Idul Fitri pada tiga hari berbeda.

Manakah yang benar? Yang jelas tidak mungkin ketiganya benar. Setelah kekhalifahan Turki Utsmani runtuh, praktis umat Islam tidak memiliki induk baik secara pribadi apalagi daulah atau negara. Dengan semakin tajamnya pembahasan tiap tahun, Turki menginisiasi kongres internasional untuk keseragaman kalender Hijriah. Banyak orang awam mengira kalender Hijriah sama saja dengan Masehi, padahal sejatinya tidak. Pergerakan Bulan dan Matahari tidaklah sama. 
Peserta kongres penyeragaman Hijriah yang dihadiri oleh Ulama dan Ahli Falak (Astronom)

Mengenai Penentuan hari besar Islam sendiri ada yang unik, Idul Fitri menggunakan rukyah lokal dengan alasan mengikut pemerintah setempat. Sementara Idul Adha mengikut Arab Saudi karena wukuf adanya di Arafah dan 9 Dzulhijjah harus menyesuaikan Arab. Sementara untuk kalender Masehi, hampir tidak ada yang protes jika saat ini di benua Amerika masih selisih satu hari tanggalnya. Ini pun bisa terjadi pada penanggalan Kalender hijriah.

Bagaimana alotnya penentuan kalender yang disepakati? Berikut liputannya:
Setelah melalui diskusi yang lama, akhirnya para pakar dan peserta yang hadir dalam kongres penyatuan kalender hijriah (The International Hijri Calendar Union Congress, Istanbul, 28-30 Mei 2016) menyepakati kalender unifikatif sebagai kalender Islam internasional yang akan diberlakukan di seluruh dunia.

Kongres ini dihadiri pakar astronomi dan para ulama dari sekitar 60 negara. 

Sehari sebelumnya dua konsep kalender, yaitu kalender unifikatif dan kalender zonal, di godok oleh para pengkaji. Sempat terjadi perdebatan sengit antara dua kubu pendukung konsep kalender tersebut pada hari kedua kongres. Hal itu seperti diungkapkan Nidhal Guessoum dalam fanspage resminya, Ahad (29/5/2016).

“Diskusi panas terjadi hari ini (hari kedua) di arena kongres penyatuan kalender Islam. Jalaluddin Khanji memaparkan kalender Islam unifikatif dan Haiman Mutawalli memaparkan kalender Islam zonal. Selain itu Muhammad Odeh juga memberikan pemaparan tentang perbedaan dua konsep kalender tersebut.” ungkap Nidhal, Ahad (29/5/2016).

Kalender Islam unifikatif ini adalah konsep kalender dengan prinsip satu hari satu tanggal di seluruh dunia, dengan patokan konjungsi di GMT. Adapun kalender zonal yaitu kalender yang membelah dunia menjadi dua tanggal berdasarkan zona barat dan timur. 

Tidak menemukan titik temu di hari kedua kongres, panitia dan forum menyepakati untuk melakukan voting keesokkan harinya. Di hari terakhir itu, konsep kalender unifikatif terpilih sebagai kalender Islam internasional untuk diberlakukan di seluruh dunia mengalahkan konsep kalender zonal.

“Forum telah menyepakati untuk memilih kalender Islam unifikatif sebagai kalender yang diberlakukan di seluruh dunia. Kalender ini berdasarkan hisab astronomi, namun demikian tidak mengabaikan rukyat fikliah begitu saja. Kalender unifikatif yang kita sepakati ini merupakan gagasan seorang pakar bernama Jamaluddin ‘Abdurraziq.” jelas Muhammad Ghurmazi, ketua Urusan Keagamaan Kepresidenan Turki (Presidency of Religious Affairs), dalam siaran persnya seperti dikutip daralakhbar.com, Senin (30/5/2016).

Ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional, Syaikh Dr. Yusuf al-Qaradawi dalam pidatonya di Kongres ini menyatakan bahwa "Masyarakat dunia sedang berupaya menyatukan kalender hijriah, di mana warga Muslim seluruh dunia berpuasa dalam hari yang sama, dan berbuka (Hari Raya) dalam hari yang sama." 

Al-Qaradawi menegaskan, para ahli astronomi (ulama falak) "membantu para ulama syariat untuk menyatukan umat Islam mengenai Kalender," menekankan bahwa "Syariat bersama astronomi, dan tidak ada agama yang lebih membutuhkan ilmu pengetahuan, seperti agama Islam, kita telah kalah dari Barat dalam ilmu pengetahuan, padahal mereka dulu mengambilnya dari kita."

sumber:tarjih.or.id

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

8 negara yang menolak palestina merdeka aab aleppo anak jalanan bahaya mie instan bagi kesehatan bahaya mie instan untuk anak berita dunia berita penyelundupan narkoba berita tarif listrik naik bosnia buah dan sayur cara menaikkan limit kartu kredit bni cara penyelundupan narkoba dian astro masuk islam dian sastro menikah dian sastro mualaf entrepreneur fatin shidqia lubis film dreams hosting AGC investasi istri ngomel jack ma quotes kalender hijriah kartu kredit bni keluarga kesehatan kisah inspiratif pemuda islam kisah para mualaf mancanegara kongres internasional turki kurikulum kuttab kuttab alfatih modus penyelundupan narkoba terbaru mom & kids award mualaf mualaf jepang yakuza nasional nur arisa maryam obat alami gagal ginjal tanpa cuci darah obat herbal gagal ginjal kronis pangerang hosting pasukan perdamaian pemuda imam masjid qatar pemuda islam zaman sekarang pendidikan kuttab peristiwa perjanjian diplomatik vatikan dan palestina promo kartu kredit rukyah dan hisab saham selingkuh siapa jack ma sim c motor sim c1 dan c2 sim motor online soeharto sopir taksi stefan william suriah tarif listrik 2016 tarif listrik naik lagi trending usus dipotong akibat kebanyakan mie instan vatikan akui negara palestina
false
ltr
item
KisahJos.com: Penggunaan Satu Kalender Hijriah Internasional, Mungkinkah?
Penggunaan Satu Kalender Hijriah Internasional, Mungkinkah?
https://2.bp.blogspot.com/-HfAKG_65ZPM/V09Vjs6Sz-I/AAAAAAAAADs/kim5tvJi0w8OYhoKo447mU_COACvhcQvQCLcB/s1600/kongres-internasional-kalender-hijriah-di-turki-2016.png
https://2.bp.blogspot.com/-HfAKG_65ZPM/V09Vjs6Sz-I/AAAAAAAAADs/kim5tvJi0w8OYhoKo447mU_COACvhcQvQCLcB/s72-c/kongres-internasional-kalender-hijriah-di-turki-2016.png
KisahJos.com
http://kisahjos.blogspot.com/2016/06/penggunaan-satu-kalender-hijriah-internasional.html
http://kisahjos.blogspot.com/
http://kisahjos.blogspot.com/
http://kisahjos.blogspot.com/2016/06/penggunaan-satu-kalender-hijriah-internasional.html
true
3598517019751311658
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy